Cara Merawat Batu Giok Sabun Khas Sukabumi

Cara Merawat Batu Giok Sabun Khas Sukabumi - Batu Giok Sabun atau Batu Giok Sukabumi merupakan batu yang memiliki warna yang sangat unik yaitu warna orange. Selain disebut sebagai batu giok sabun dan juga batu giok sukabumi, batu ini juga sering masyarakat menyebutnya sebagai batu koneng dan batu kuning. Batu giok sabun termasuk batu mulia yang sangat unik karena batu giok biasanya berwarna hijau namun ini kuning atau orange. Batu Giok Sabun termasuk batu yang memiliki tingkat kekerasan yang cukup yaitu sekitar 6-6,5 skala mohs sehingga perlu perawatan dan tingkat kewaspadaan dalam mengenakan Batu Giok Sabun ini. Batu Giok Sabun dengan kekerasan yang yang cukup ini sangat rentan dan mudah tergores.



Sebenarnya Batu Giok Sabun sudah ada pada zaman dahulu namun untuk populernya Batu Giok Sabun mengkuti boomingnya batu mulia yang ada saat ini. Harga Batu Giok Sabun sangat terjangkau untuk bahan bongkahan Batu Giok Sabun dijual harga Rp 300rb sampai puluhan juta tergantung dari besar dan juga ukuran. Dalam membeli bahan Batu Giok Sabun sangat bagus untuk anda yang memiliki dana yang terbatas karena Batu Giok Sabun yang sudah berbentuk batu akik cincin harganya 2 kali lipat dari bahan yaitu sekitar jutaan rupiah.


Bagi anda yang ingin membeli Batu Giok Sabun sebaiknya anda perlu waspada karena Ciri- Ciri Batu Giok Sabun asli memiliki serat yang vertical selain itu Batu Giok Sabun asli jika diberi sinar matahari maka tidak akan tembus cahaya. Jika anda sudah membeli dan sudah memiliki anda perlu lakukan perawatan dalam setiap minggu dan berikut ini merupakan Cara Merawat Batu Giok Sabun Khas Sukabumi:

• Lakukan perawatan Batu Giok Sabun dengan teliti dan rajin yaitu rajin membersihkan kemudian mengolesi dengan minyak zaitun.

• Supaya warna Batu Giok Sabun tidak kusam sebaiknya Batu Giok Sabun harus sering di gosok dengan serbuk intan.

• Lakukan penyimpanan Batu Giok Sabun ditempat khusus batu akik usahakan dalam menyimpan diberi olesan minyak zaitun.

• Batu Giok Sabun usahakan jangan sampai terkena beda yang bisa mengakibatkan goresan. • Batu Giok Sabun harus sering disiram dengan air sumur.

Demikian merupakan Cara Merawat Batu Giok Sabun Khas Sukabumi di liputanbatumulia yang sudah kami bahas secara lengkap dan mudah. Dalam merawat Batu Giok Sabun sebenarnya sama seperti merawat batu mulia dengan jenis yang lain. Batu Giok Sabun terbentuk dari prose salami dengan proses metamorfosis protoliths ultramafik seperti serpentinit yang dapat membuat batu tersebut menjadi mengkilap. Batu Giok Sabun banyak ditemukan di daerah- daerah pertambangan emas atau nikel dan ternyata Batu Giok Sabun tidak hanya di temukan di Indonesia namun di Negara Brazil, Mexico dan juga India juga ada jenis Batu Giok Sabun ini tetapi Batu Giok Sabun yang berkualitas tinggi hanya di 2 negara yaitu Indonesia dan Mexico. Batu Giok Sabun termasuk batu mulia yang harga sangat tinggi sehingga perawatan harus tetap maksimal supaya tidak kusam. Bagi anda yang sudah memiliki bahan Batu Giok Sabun sebaiknya anda cepat- cepat buat menjadi batu akik cincin atau liontin karena bahan Batu Giok Sabun yang didiamkan dalam waktu yang lama akan berubah menjadi putih sehingga sudah tidak bagus (Baca: Cara Merawat Batu Bacan Palamea Secara Benar).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Stats